27/02/15

Selalu bergerak, kunci sederhana agar tubuh tetap fit dan sehat

Ada beragam cara agar menjadikan badan atau tubuh menjadi sehat. Berikut beberapa tips menarik yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan kesehatan tubuh.


Salah satu hal yang disarankan oleh para ahli kesehatan adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Dengan beraktivitas fisik, tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tubuh saja, namun juga dapat memperbarui tingkat mood manusia dan menangkal penyakit.

Secara umum, dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari maka seseorang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, hipertensi, jantung dan beberapa jenis kanker (kanker usus besar, payudara dan lainnya), stroke, osteoporosis, gangguan muskuloskeletal atau pun gangguan kecemasan yang berhubungan dengan emosi.

Aktivitas fisik dalam hal ini adalah aktivitas yang lebih banyak menggunakan pergerakan tubuh, seperti jalan, berlari, mengangkat benda dan lain sejenisnya.

Bahkan menurut World Health Organization (WHO), mendefinisikan bahwa aktivitas fisik tidak hanya terkotak dalam olahraga saja. Banyak aktivitas yang membutuhkan pergerakan otot dan rangka yang juga dikategorikan dalam aktivitas fisik.

Salah satu contoh mudah dalam melakukan aktivitas fisik adalah dengan mengendarai sepeda atau jalan kaki ketika pergi ke suatu tempat atau ketika akan bekerja, daripada mengendarai kendaraan bermotor.

Contoh lainnya adalah ketika di suatu tempat yang memiliki sarana pengangkut seperti lift, maka disarankan untuk lebih menggunakan sarana tangga atau juga berdansa, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar