04/03/15

CONTOH SINOPSIS

ARTI SEBUAH WAKTU
            Di tengah pertengahan tahun 2011 saat aku duduk di kelas satu SMP. Hari itu adalah hari senin dimana hari yang paling bersejarah di dalam hidup ku. Kenapa begitu?? Awal mulanya, waktu itu pukul 06.00 WIB semua sejarah dimulai.
            Jam ku pin berdering sangat keras aku pun segera mematikan nya. Apa yang terjadi?? yaaak benar aku pun lalu tidur lagi. waktu pun berlalu dengan cepat. Mama sudah berulang kali untuk membangun kan ku, Namun apa daya aku pun tidak terbangun.
Waktu pun sudah menunjukan pukul 06.35 Menit, Mama ku terus membangunkan ku,  Tetapi kali ini cara membangunkan ku lain, Yaitu dengan cara disiram, Bbbuurrsss… Aku pun terkejut dan langsung terduduk. Mama ku marah besar, Karena aku tidak bangun-bangun.
            ‘’Udah jam berapa ini  ?! apa kamu tidak mau ke sekolah ?! apa kamu tidak tau kalau hari ini ada ujian semester ?! ‘’ Aku pun langsung bergegas dan mandi.
            20 menit kemudian aku pun selesai berkemas-kemas, Dan waktu pun menunjukkan pukul 06.55 menit, sehingga hal hasil aku pun terlambat ke sekolah. Ujian pertama ku di mulai pukul 07.00 WIB
            15 Menit kemudian aku pun sampai di sekolah, 5 menit ujian berlalu, aku memasuki gerbang dan satpam sekolah sudah menunggu di depan Gerbang. Aku pun segera bergegas untuk mencari ruang ujian ku. Dengan wajah yang pucat, di tambah dengan badan yang gemetaran aku beranikan diri untuk melangkah memasuki ruang ujian ku.
            Aku langsung duduk dan mengerjakan soal ujian dengan waktu yang tersisa. waktu pun berjalan dengan cepat. Bel pun berbunyi dan aku pun selesai mengerjakan ujian dengan waktu yang tersisa. untung saja aku mengerjakan soal ujian dengan tenang, walau pum aku terlambat hari ini. Ak pun pulang pulang kerumah dengan wajah yang pucat dan lemas.
            ‘’Assalamualaikum… ‘’
Aku membuka pintu rumah dan aku langsung masuk kamar. Selesai berkemas-kemas aku duduk, Termenung diam dan merenungkan kejadian yang ku alami hari ini. aku pun berfikir kenapa aku bisa sebodoh ini dan melalai kan waktu. aku berjanji akan selalu menghargai waktu sampai kapan pun, dan tidak akan menyia-nyiakan waktu lagi.


  SINOPSIS CERITA :
Di pertengahan tahun 2011 waktu aku duduk kelas satu SMP. hari senin adalah hari bersejarah di mulai. Aku telad bangun, padahal mama sudah membangun kan ku berulang kali. namun apa yang terjadi? aku pun tidak kunjung bangun. karena aku tidak kunjung bangun-bangun akhirnya mama ku membangun kan ku dengan cara menyirami ku dengan air dingin. aku terkejut dan langsung bergegas mandi. Tidak lama aku beres-beres, aku pun langsung pergi kesekolah. satpam sudah menunggu di depan gerbang. aku langsung mencari ruang ujian ku. dengan wajah yang pucat, di tambah dengan badan yang gemetaran, aku bergegas mengerjakan soal ujian ku dengan berhati-hati. dan apa yang terjadi aku berhasil mengerjakan ujian ku tepat pada waktu nya. Bel pun berbunyi aku langsung pulang. sesampai nya aku di rumah aku langsung masuk kamar dan mernungkan kejadian hari ini.
            TEMA                       : Seseorang anak yang melalaikan waktu
ALUR                       : Mundur
            LATAR                     : Di kamar dan Di sekolah
            PENOKOHAN          : -Aku              : Lalai, kurang menghargai waktu, tidak disiplin.
                                                -Mama            : Tegas dan disiplin

AMANAT                  : Jangan lah menyia-nyiakan waktu karena waktu adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita.

0 komentar:

Posting Komentar