04/03/15

3 TIPS TERTIDUR PULAS


     Tidur merupakan pemberhentian sejenak seteleh bekerja keras dan lelah. Pasti disaat istirahat anda, anda ingin mendapat ketengan karena ingin mendapatkan energi yang cukup. Berikut 3 tips tertidur pulas:

  1. Menggunakan Penutup Mata

Dalam keadaan gelap gulita tubuh mengeluarkan hormon melatonin dalam sisten kekebalan tubuh kita. Melatonin pertama kali diidentifikasi setelah berhasil diisolasi sekitar 50 tahun lalu. Melatonin adalah zat kimia yang bertugas mengatur irama harian, yaitu pola terjaga dan tidur kita, fungsi imunitas, dan pencegahan kanker. Melatonin tidak langsung menyebabkan orang tertidur. Melatonin hanyalah “membuka pintu gerbang” untuk tidur.
Donna Gate dalam tulisannya “Sleep Starts in Your Brain” menyatakan, bahwa kelenjar kecil pineal di otak, terkadang disebut “mata ketiga”, adalah penghasil hormon melatonin. Kelenjar ini justru membutuhkan kegelapan untuk memproduksi melatonin. Melatonin-lah yang mengatakan kepada tubuh kita saatnya pergi tidur malam. Lagi-lagi, otaklah yang senyatanya mengendalikan hidup kita.
Cahaya lampu sekecil apa pun di malam hari yang terpapar kepada tubuh kita akan mengganggu ritme harian serta produksi melatonin dan seratonin oleh kelenjar pineal di otak. Sebaiknya lampu kamar mandi pun dimatikan. Biarlah cahaya alami seperti cahaya bulan membuat Anda tidak terantuk atau menabrak-nabarak. Jika Anda ke kamar mandi waktu tidur malam, sekali Anda menyalakan lampu, terhentilah seluruh produksi melatonin yang membantu tidur Anda. (Joseph Mercola, 2008. 33 Secrets to a Good Night’s Sleep pada. Nah, bersyukurlah orang-orang di kampung-kampung di seluruh negeri yang hidup sesuai kodrat alam. Mereka tidak menjadi korban kemajuan teknologi listrik.
Joseph Mercola tidak menganjurkan orang mengkonsumsi tablet hormon melatonin yang dijual untuk merangsang rasa kantuk. Ia sarankan agar kita tingkatkan keterpaparan tubuh kita terhadap cahaya matahari di siang hari. Dan, pada malam hari tidur dalam keadaan benar-benar atau secara mutlak gelap gulita. (Wah, bisa nabrak sana-sini!) Karena itu, jika Anda ragu, pakailah penutup mata waktu tidur malam.

       2.Tenang
Suasana tenang sangat berpengaruh pada saat beristirahat, karena pada saat itu pikirankan kita hanya tertuju pada satu pekerjaan,yaitu tidur. Sebaiknya anda tidur di tempat yang tenang dan jauh dari kegaduhan.

      3. Alunan Suara Merdu
Jika mata benar-benar tidak mau terpejam, cobalah dengan menghidupkan alunan musik yang merdu bukan nya berisik.

   Selamat mencoba my blogger...~

0 komentar:

Posting Komentar