27/02/15

JENIS MATA UANG DI DUNIA

JENIS MATA UANG DI DUNIA
A. Negara Australia
       Dolar Australia, AUD atau A$, adalah mata uang resmi Australia, termasuk Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard dan Kepulauan McDonald dan Pulau Norfolk, serta negara-negara-pulau merdeka Kiribati, Nauru dan Tuvalu. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Reserve Bank of Australia, dan diperkenalkan pada 14 Februari 1966 untuk mengganti Pound Australia, ketika negara ini mendesimalkan mata uangnya.  
     Dolar Australia adalah mata uang yang paling diperdagangkan keenam di pasar valas dunia (setelah dolar AS, yen, euro, pound sterling dan dolar Kanada) dan mencakup sekitar 4–5 persen dari transaksi valas dunia.
     Satu dolar Australia dibagi kepada 100 sen. Koin dengan nilai terkecil saat ini adalah lima sen
    Semua uang kertas dolar Australia dibuat dari bahan polimer.
Mata uang kami berisi gambar orang-orang dan ikon yang penting bagi Australia. Warga Australia tersohor yang terpilih untuk ditampilkan pada mata uang kami adalah mereka yang telah memperlihatkan prakarsa dan bakat yang besar di bidang seperti reformasi sosial, sains, politik, prestasi militer dan kesenian.


$5 NOTE
Gedung Parlemen Lama dan Baru
Uang kertas $5 memperlihatkan Gedung Parlemen Lama (Old Parliament House) maupun Baru (New Parliament House di Canberra.
Ratu Elizabeth II (lahir tahun 1926)
Ratu Elizabeth II adalah Kepala Negara Australia. Beliau Ratu Australia dan Inggris Raya (United Kingdom) dan tinggal di Inggris (England). Beliau seorang sosok yang kuat dan stabil dalam pemerintahannya yang panjang dan populer.
$10 Note
Dame Mary Gilmore (1865 – 1962)
Dame Mary Gilmore seorang pengarang, jurnalis, penyair dan juru kampanye untuk reformasi sosial. Dia dikenang untuk tulisannya dan karena angkat bicara demi kaum perempuan, kaum Pribumi Australian dan orang miskin.
AB ‘Banjo’ Paterson (1864 – 1941)
Andrew Barton Paterson seorang penyair, penggubah lagu dan jurnalis. Dia menulis dengan nama penanya
‘Banjo’ Paterson dan dikenang untuk ‘Waltzing Matilda’, lagu rakyat yang paling populer di Australia.
$20 Note
Pendeta John Flynn (1880 – 1951)
Pendeta John Flynn memulai layanan penerbangan medis pertama di dunia, yaitu Royal Flying Doctor Service of Australia. Dia dikenang telah menyelamatkan banyak jiwa dengan membawa layanan kesehatan ke daerah-daerah terpencil
Australia.
Mary Reibey (1777 – 1855)
Mary Reibey seorang perintis usahawati di koloni New South Wales. Setiba di Australia sebagai pemukim nara pidana remaja, dia menjadi seorang tokoh yang disegani di masyarakat.
$50 Note

 
Edith Cowan (1861 – 1932)
Edith Cowan seorang pekerja sosial, politikus dan feminis. Dia seorang wanita pertama yang dipilih untuk Parlemen Australia.
David Unaipon (1872 – 1967)
David Unaipon seorang penulis, pidatowan dan penemu. Dia dikenang untuk kontribusinya pada sains dan kesusasteraan, dan karena meningkatkan kondisi orang-orang Aborigin.
$100 Note
Sir John Monash (1865 – 1931)
Sir John Monash seorang insinyur, administrator dan salah satu komando militer Australia terbesar. Dia dikenang untuk kepemimpinannya, kecerdasannya dan kepiawaian bicaranya.
Dame Nellie Melba (1861 – 1931)
Dame Nellie Melba seorang soprano yang termasyur di dunia. Dikenal di seluruh dunia sebagai ‘Queen of Song’ (Ratu Lagu), ia penyanyi Australia yang pertama yang termasyhur di dunia internasional.

B.  Negara Amerika Serikat
     Dolar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat. Dolar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS.
    Penerbitan uang dolar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve. Simbol yang paling umum digunakan untuk dolar AS adalah lambang dolar ($). Kode ISO 4217 untuk dolar AS adalah USD; dolar AS juga dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional.
    AS adalah salah satu dari banyak negara yang menggunakan mata uang bernama dolar. Beberapa negara lainnya menggunakan dolar AS sebagai mata uang resmi mereka, dan banyak lainnya yang memperbolehkannya digunakan dalam kapasitas legal de facto. Lihat dolar.
   Kata buck umumnya digunakan oleh orang Amerika untuk merujuk kepada satu dolar AS dalam percakapan sehari-hari (informal).
C. Negara Arab Saudi
    Riyal (bahasa Arab: ريال Riyāl, ISO 4217 code: SAR) merupakan mata uang Kerajaan Arab Saudi. Sering disingkat ر.س atau SR (Saudi Riyal). Mata uang ini dibagi ke dalam 100 Halala (bahasa Arab: هللة Halalah). Ghirsh senilai 5 Halala.
      Riyal telah menjadi mata uang yang dipergunakan oleh Arab Saudi sejak negara kerajaan itu didirikan dan merupakan mata uang Hejaz sebelum Arab Saudi terbentuk. Hejaz riyal dibuat berdasarkan (meskipun tidak senilai dengan) Ottoman 20 kuruş koin dan kemudian dibagi menjadi 20 ghirsh. 
     Penulisan Latin menggunakan "ghirsh" daripada "qirsh". Hal ini menunjukkan cara lafal di Arab Saudi, meskipun dalam tulisan Arab ejaan yang sama digunakan, قرش.
    Pada tahun 1960, sistem berganti menjadi 20 ghirsh = 1 riyal dan sistem ini diikuti pada tahun 1963 dengan pengenalan pecahan "halala", yang senilai seper-seratus riyal.
      Sejak Juni 1986, IMF telah menetapkan tingkat nilai tukar tetap bagi riyal. Dalam prakteknya, 1 U.S. dollar = 3.75 riyals, yang berarti 1 riyal = 0.266667 dollar.[1][2] Nilai tukar ini diresmikan sejak 1 Januari 2003.
D. Negara Brasil
     Real Brasil atau R$, adalah mata uang resmi negara Brasil sejak tahun 1994 menggantikan mata uang Cruzeiro Real Brasil. Mata uang ini setiap satu-satunya dibagi menjadi 100 centavos. Mata uang ini terbagi menjadi 1,2,5,10,20,50,100 reals, dicetak dan diatur penggunaannya oleh Banco Central do Brasil, dengan kode ISO 4217 BRL.
E. Negara Brunei Darussalam
   Brunei menggunakan sistem keuangan Singapura dari 1800-an sampai 1967. Pada 1800-an Dolar Dagang perak Meksiko (XMSD - silver Mexico Trade Dollar) digunakan sebagai mata uang tetapi setelah pembentukan daerah perlindungan Inggris (British protectorate), Dolar Penempatan Selat (STSD) menjadi mata uang resmi negeri-negeri selat. Dolar Selat ini ditautkan di Pound sterling Inggris pada tingkat satu dolar STSD bersamaan 28 pence dan dikeluarkan oleh pemerintah Negeri Selat.
   Pada tahun 1862, India mengeluarkan mata uang resmi penempatan Selat setelah pemerintahan Negeri Selat ditransfer ke India. Mata uang ini digunakan oleh Negeri Selat (1871 hingga 1941), pemerintah Sarawak (1863 hingga 1941), dan Serikat Borneo Utara Britania (1967 sampai 1941).
   Jepang menduduki Brunei dari 16 Desember 1941 sampai Juni 1945. Dolar Gumpyo Jepang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang dan memiliki nilai yang sama dengan Dolar Selat. Bank Pembangunan Selatan didirikan pada 20 Februari 1942 dan merupakan bank pusat untuk Brunei, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Singapura. Pada 26 Maret 1943, bank ini diizinkan untuk mengeluarkan uang kertas Jepang.
    Bila Perang Dunia II berakhir dan penempatan Selat dibubarkan (1 April 1946), Dolar Penempatan Selat turut terbubar dan digantikan oleh Dolar Malaya. Dolar Malaya dikeluarkan oleh Lembaga Komisi Mata uang Malaya dari 1946 sampai 31 Desember 1951 dan Lembaga Komisi Mata uang Malaya - Borneo Britania dari 1952 hingga 1967. Brunei mendirikan lembaga mata uang pada 12 Juni 1967 dan mulai menarik mata uangnya sendiri pada 1967. Mata uang Brunei diikat pada Dolar Singapura. Mata uang yang dikeluarkan oleh Lembaga Mata uang Malaya - Borneo Britania tidak bisa digunakan di Brunei, Malaysia dan Singapura dimulai secara efektif pada 16 Januari 1969. Uang kertas dikeluarkan oleh pemerintah Brunei (Governmant of Brunei) dari 1967 hingga 1988, dan kemudian dikeluarkan oleh Negara Brunei Darussalem sampai sekarang. Namun nama lain untuk Dolar Brunei (B$) adalah Ringgit tetapi orang Melayu Brunei tetap memanggilnya sebagai Ringgit Brunei (RB). Dolar Brunei bisa dibagi kepada 100 sen.
    Perjanjian Perubahan pada tahun 1967 ditandatangani antara Brunei, Malaysia, dan Singapura pada 12 Juni 1967, di mana bank dan pihak berkuasa di ketiga-tiga negara ini akan menerima uang kertas dan koin dari dua negara lain tanpa biaya perubahan. Namun, Malaysia mengakhiri perjanjian ini dengan Singapura pada 8 Mei 1973. Brunei dan Singapura masih melanjutkan perjanjian itu sehingga sekarang (2011).



0 komentar:

Posting Komentar